Pahami Penyebab Susah Buang Air Besar

 

Susah buang air besar atau yang biasa disebut sembelit memang salah satu masalah yang dialami hampir semua orang. Karena itu, jika Anda sedang alami kondisi seperti itu jangalah terburu-buru menggunakan pencahar.

Alih-alih mengkonsumsi pencahar untuk mengatasi sembelit, Anda bisa menggunakan dulu Fiforlif Slimming Fiber yang tidak hanya melancarkan bab yang susah namun lebih dari itu, memberikan nutrisi terbaik yang dibutuhkan organ pencernaan terutama usus besar supaya lebih sehat dan bersih.

Produk Fiforlif memang sudah terkenal sebagai minuman herbal rasa blackcurrent yang enak dan nikmat diminum bak jus segar. Selain sudah resmi BPOM juga direkomendasikan oleh Boyke Dian Nugraha sebagai salah satu solusi susah BAB.

Namun demikian, ada baiknya juga Anda ketahui dan pahami perihal apa saja yang membuat seseorang bisa mengalami sembelit. Silahkan disimak berikut ini,

Kurang Asupan Makanan Berserat

Keberadaan serat dalam organ pencernaan manusia memegang peranan sagat penting untuk menjaga kinerjanya supaya berjalan maksimal, dari awal makanan masuk hingga dikeluarkan sebagai sampah sisa metabolisme tubuh dalam bentuk feses.

Itulah mengapa asupan makanan berserat perlu diperhatikan supaya feses tidak menjadi keras bahkan susah dikeluarkan. Sebaliknya dengan mencukupi kebutuhan serat harian, tinja tersebut akan bertekstur lembuh sehingga mudah dikeluarkan setiap hari.

Jika Anda belum tahu, feses yang terlalu lama mengendap di dalam usus besar perlahan tapi pasti akan mengkontaminasi dinding usus besar yang dalam jangka panjang bisa membuat saluran usus besar kotor penuh toksin racun.

Mengkonsumsi Makanan Tertentu

Ternyata ada loh jenis makanan yang bila dimakan berlebihan malah menimbulkan sembelit. Yang jelas tipe makanan tersebut adalah yang mengandung serat sedikit sekali seperti fast food, daging merah, makanan olahan, produk dari susu. Jadi sebaiknya Anda menghidnari jenis makanan seperti itu, atau makanlah sekadarnya saja.

Selain makanan, ada beberapa tipe minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi dapat menimbulkan masalah susah buang air besar, jika diminum berlebihan.

Kurang Minum Air Putih

minum air sembuhkan sembelitJarang minum air putih ternyata bisa juga membuat seseorang terdampak sembelit yang parah, apalagi jika jarang konsumsi makanan yang berserat. Pasalnya air dan serat bekerjasama dalam sistem pencernaan usus untuk bisa mengolah, menyerap dan membuang sisa metabolisme tubuh melalui BAB.

Kalau terjadi dehidrasi akibat kurangnya minum air putih berakibat sistem pencernaan bisa mogok bekerja secara optimal. Oleh sebab itu, minumlah air mineral yang cukup 8-10 gelas per hari supaya pencernaan Anda akan tetap terjaga baik

Kondisi Kesehatan Tertentu

Kondisi susah BAB juga bisa jadi sebagai pertanda ada yang tidak beres dalam tubuh. Diketahui mereka yang memiliki masalah tiroid, dan terdapat tumor (kanker) dalam usus besarnya bisa mengalami sembelit yang parah sehingga perlu segera dikondisikan ke dokter ahli supaya mendapatkan perawatan yang tepat.

Solusi Untuk Mengatasi Sembelit

Pertanyaan selanjutnya bagaimana untuk mengatasi sembelit yang tepat? Salah satu jawabannya adalah mencegah sebelum terjadi. Karena masalah susah buang air besar cukup pelik jika dibiarkan berlarut-larut sehingga jika Anda memiliki pola hidup yang kurang sehat berubahlah mulai dari sekarang.

Mulailah untuk lebih banyak makan makanan berserat seperti sayur dan buah, hindari gorengan, makanan berlemak tinggi dan karbohidrat yang menyebabkan kasus sembelit semakin parah. Lakukan juga olahraga yang teratur supaya membantu gerak peristaltik usus besar dalam mengeluarkan tinja, dan terakhir tentu saja istirahat yang cukup dimalam hari supaya metabolisme tubuh Anda tetap berjalan optimal.