Wajah Putih Berseri Sepanjang Hari Berkat Cara Berikut

Tampilan wajah yang putih, mulus, dan berseri, adalah idaman setiap wanita. Sebagian orang menganggap bahwa kulit yang putih dan mulus adalah daya tarik nomor satu bagi orang lain. Banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan berbagai cara memutihkan wajah dan membeli krim mahal supaya tingkat warna kulit wajah mereka menjadi lebih putih. Tetapi, bukan wajah putih berseri bak model iklan di Televisi, yang diperoleh malah wajah yang terlihat pucat atau warna kulit yang tidak merata.

Padahal, menurut para pakar kecantikan. Warna kulit seseorang itu dipengaruhi oleh genetik dan tempat tinggalnya. Orang Indonesia yang lebih banyak terpapar sinar matahari akan memiliki warna kulit kuning langsat atau sawo matang. Hal ini berbeda dengan orang yang tinggal di Kutub Utara, pastinya kulit mereka akan lebih putih karena sangat jarang terpapar sinar matahari. Kulit yang putih bukanlah satu-satunya indikator kulit sehat. Namun kondisi kulit yang sehat adalah nampak bersih, cerah, berseri, tidak berminyak, serta lembab. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh kulit putih berseri sepanjang hari dengan cara yang benar.

Hindari Bahan Kimia Berbahaya

Beberapa orang melakukan jalan pintas untuk memperoleh kulit yang putih seperti, melakukan suntik pemutih, atau menggunakan krim pemutih tanpa resep dokter. Penggunaan krim wajah tanpa pengawasan dokter tersebut terkadang membuat iritasi kulit karena salah dalam penggunaannya. Obat atau krim yang terbuat dari kandungan herbal dan alami biasanya tidak memiliki efek buruk terhadap kulit. Berbeda dengan krim yang mengandung bahan kimia berbahaya. Seperti merkuri yang bisa mengakibatkan iritasi berupa gatal, kemerahan, dan bengkak atau hyperpigmentasi. Untuk memperoleh kulit yang lebih putih dan cerah Anda dapat menggunakan cara yang lebih aman seperti mengonsumsi tambahan multivitamin.

Gunakan Tabir Surya Saat Akan Beraktivitas

Lapisan ozon yang semakin menipis membuat sinar matahari yang masuk ke bumi menjadi tidak tersaring. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya yang mengandung SPF memang sangat penting guna menangkal paparan dari sinar matahari. Dan bagi Anda yang memang bekerja pada kantor atau juga sering berada di dalam ruangan, maka Anda bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 10-15. Sedangkan untuk yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan atau sering terpapar sinar matahari, maka gunakan krim tabir surya dengan SPF +30.  Sebaiknya Anda mengulangi penggunaan krim ini setiap 1 hingga 2 jam sekali.

Menggunakan Sabun Muka Dengan Kelembaban Yang Cukup

Jika kulit kita memang cenderung kering dan mudah alergi, maka sebaiknya menggunakan sabun bayi dengan tingkat kelembaban yang cukup. Untuk jenis kulit yang kering, sebaiknya menghindari penggunaan sabun antiseptik. Perlu Anda ketahui, bahwa tubuh kita memiliki flora normal atau kuman baik yang melindungi kulit. Jika kita menggunakan sabun antiseptik, maka kuman baik tersebut akan mati dan tidak ada yang melindungi kulit. Akibatnya kulit Anda akan semakin kering atau bahkan mengalami iritasi. Untuk kulit yang berminyak, maka Anda dapat menggunakan sabun yang khusus untuk wajah berminyak,ataupun menggunakan perawatan masker bahan alami.

Gunakan Krim Pelembab Minimal 2 Kali Sehari

Gunakan krim pelembab atau lotion setelah mandi. Kenapa harus setelah mandi? Sebab krim pelembab ini bersifat humetan yaitu menarik air. Ketika dioleskan pada saat kulit Anda masih lembab, tentu penyerapannya akan menjadi lebih maksimal serta efeknya melembabkannya pun akan lebih terasa. Hal ini juga berlaku untuk kulit wajah dan tubuh Anda. jika Anda memiliki kulit yang kering, maka gunakan pelembab yang mengandung shea butter atau madu. Untuk kulit yang sensitif, Anda dapat menggunakan pelembab yang mengandung zat chamomile atau memiliki formula lembut serta anti alergi. Sedangkan untuk kulit yang mudah berkeringat, dapat menggunakan pelembab yang berbasis air seperti mengandung lidah buaya.

Perbanyak Minum Air Putih

Air memiliki beragam manfaat bagi tubuh dan juga kulit. Salah satu manfaat jika Anda banyak minum air putih adalah kulit akan lebih terlihat fresh dan glowing. Sebab, dengan banyak mengonsumsi air putih maka racun-racun dalam tubuh Anda akan hilang. Air juga dapat memberikan nutrisi penting bagi kulit sehingga dapat menjaga kelembapannya. Jadi jika Anda ingin kulit wajah yang putih dan cerah sepanjang hari. Jagalah kulit Anda dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Perbanyak Konsumsi Buah Dan Sayur

Buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh dan kulit kita. Di dalam sayuran terdapat phytonutrient yang berkhasiat mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan. Buah atau sayuran yang berwarna orange. Sayuran dan buah yang berwarna orange mengandung beta karoten yang dapat melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak serta membuat warna kulit menghitam. Dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran, maka kecantikan wajah Anda akan tetap cerah dan putih sepanjang hari.

Waktu Istirahat Yang Cukup

Jika Anda menginginkan kulit yang putih dan cerah maka jangan lupa untuk menjaga kualitas istirahat dan tidur Anda. Menurut penelitian , seseorang yang kurang tidur maka kulitnya akan kusam, cepat keriput, dan warna kulit tidak merata. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur waktu tidur minimal 7 jam setiap hari. Dalam waktu 7 jam tersebut, kulit Anda akan mengalami regenerasi sehingga keesokan harinya wajah Anda akan terlihat putih dan segar kembali.

Hindari Rokok Dan Minuman Beralkohol

Kebiasaan merokok dapat membuat kulit wajah Anda kusam dan terlihat lebih tua. Hal ini disebabkan asap rokok yang mengandung berbagai zat berbahaya bagi kulit. Selain itu, konsumsi alkohol juga dapat merusak sel-sel kulit Anda. Sehingga kulit akan kehilangan nutrisinya dan akan lebih cepat keriput. Anda perlu menghindari minuman beralkohol dan juga merokok. Selain itu, usahakan untuk menjauhi asap rokok. Sebab, meskipun Anda tidak merokok tetapi kulit Anda akan menerima efek negatif sari asap rokok tersebut.

Gunakan Susu Pembersih Menjelang Tidur

Salah satu rutinitas penting yang harus dilakukan sebelum tidur adalah membersihkan wajah dari sisa make up. Pada saat kita mandi, tentunya wajah sudah terlebih dahulu di cuci. Namun biasanya mencuci wajah saja tidak mampu mengangkat semua sisa makeup dan kotoran penyebab jerawat membandel. Oleh karena itu, gunakanlah susu pembersih muka sebagai cara menghilangkan bekas jerawat alami supaya sisa makeup penyebab masalah kulit tersebut dapat sepenuhnya terangkat.